Jumat, 12 November 2010

Catatan Harian Dokter Muda *Part 2


Tiga stase minor terakhir di RSAM, minor  yang terasa mayor kenapa?? karena dari kisah2 pendahulu dan sesepuh kami 3 stase minor ini hampir ngalahin stase bedah. Dag dig dug..masuk stase ini, padahal kami dah 1 tahun lebih menikmati keseharian sebagai koas(kumpulan orang-orang selalu salah). Tapi pas masuk 3 stase ini serasa masuk koas pertama kali. Stase minor ini apa aja?? THT, Gilut, Mata.. 

3 minggu pertama setelah liburan kami masuk gerbong THT. Bingung dan takut saat menghadap  konsulen, karena berdasarkan cerita, konsulennya horror ...(hihihi). Hari pertama seperti stase yang lain, orientasi dan ternyata kesan pertama dengan konsulen (*yang dibilang gaak) ternyata ga terbukti dan tht menurut ni stase paling nyantai coz ga ada target untuk buat Referat, Lap kasus, ato BST (hehehe koas patologisà pengen dapat ilmu ga mau dapat tugas) dan pesen untuk stase ini adalah jangan melakukan sesuatu yang tidak disuruh oleh Sang konsulen(*alias jangan sok aktif, rajin, atau bertanya). Karena untuk sesi bertanya dan diskusi di THT itu ada jadwal bimbingan dan diskusinya. Nah di saat inilah qt wajib bertanya dan diskusi (*kalo ga ada pertanyaan di buat2 aja , tp inget jangan pertanyaan bodoh…hahaha). Minggu ke 2 mengalir seperti air, menikmati sebagai koas minor (bisa tidur siang..(*hobi yang susah buat anak koas mayor)). Dan tiba waktunya minggu ujian.. deng..deng… Setelah dapat pengundian untuk dapat penguji lagi-lagi shock terapi dan bener2 sedih dapet penguji yang dubia ad malam tek berbintang dah. Huks..huks..huks.

Hari-hari yang ditunggu pun datang, dan baru kali ini ujian lisan 4 jam(karena ada 4 DM jadi kami ujian 4 jam). 3 jam pertama ujian berlangsung khidmat(haha sakral banget dah..) senyum pun kayaknya susah. Dan 1 jam terakhir banyak pertanyaan2 yang menurut kami lucu tapi kami bingung boleh ga ya kami ketawa(*kan ga boleh melakukan sesuatu yang g disuruh). Dan ternyata ada moment yang kami tunggu datang juga. Sang Konsulen pun tertawa akhirnya dengan penuh emosi yang tertahan kami pun akhirnya bisa tertawa..haha) lega rasanya. Tapi ternyata prognosisnya bener2 malam. Yah dengan ikhlas kami akan mengulang ujian. 

Stase Gilut ini udah dari kuliah aja bakalan horor. kami pun berharap sang Konsulen horor itu segera pensiun waktu kami masuk, dan berharap stase gilut segera dihapus. tapi ternyata kami termasuk koas yang beruntung (*he menghibur diri, krn g semua nak fk dapet stase gilut , padahal kan di puskesmas banyak pasien sakit gigi ya ga??). Dan deng..deng 3 minggu kuping kami harus terbiasa dengar kata-kata kasar, karena mau ga mau kami harus dengan IKHLAS menerimanya(*dan setelah pulang dr poli gigi rasanya kami bener2 pengen  tes IQ, karena kayaknya IQ kami memang jongkok..huks..huks). 

Tapi setelah melewati hari pertama kami menanggapinya dengan senyuman alhasil kami pun tahu alasan kenapa Konsulen Gilut tuh horor banget. Kami bener2 beruntung dapat ilmu koas sekaligus ilmu bagaimana seorang dokter umum menjadi dokter yang CERDAS.

Mata.... seneng banget stase ini, alhamdulillah dapet konsulen yang bener2 hobi ngasih PR , alhasil mau ga mau setiap hari harus belajar. Karena klo ga bisa jawab pertanyaannya kami harus siap di usir. Alhamdulillah ga di usir. Tapi bingung juga harus seneng atau sedih ni dapet penguji yang ga mau nguji. tapi Alhamdulillah dapat nilai... semoga nti klo dah jadi dokter , qt ga salah rujuk ke spesialis mata(*karena satu pesan konsulen ni, klo sampe kalian salah diagnosis rujukan.. Beliau akan mengejar kami dan menyuruh kami koas lagi..hahhaa). AMIN

3 komentar:

  1. SEMANGATTTTTTTTTT..............
    nice posted, please add my link into ur blogroll N follow me
    http://djendral-berbagi.blogspot.com/2010/01/kehamilan-dua-janin-atau-lebih.html

    BalasHapus
  2. I like this story........utk coAss, mb br crita soal neuroo...mmmm.....

    SMANGAT !!!

    BalasHapus
  3. di UMI aja udh gk stase GILUT lagi, klo disini mah bukan GILUT, tapi GIMUL...

    coAss diprotes sm nak2 FKG...>.<,

    BalasHapus