Rabu, 27 Oktober 2010

Butiran Impian stase Gilut--> Menjaga indahnya senyuman ^_^

Gigi adalah bagian terkeras di tubuh manusia, tapi kenapa ya banyak banget keluhan gigi, hampir setiap orang punya masalah dengan giginya, dari plaq, kalkulus(plaq yang mengalami pengerasan dalam bahasa ilmiahnya kalsifikasi), karies (gigi bolong), bahkan karies ini bisa menyebabkan gigi yang keras ini hancur dan menjadi sumber penyakit yang lain seperti sinusitis de el el.
Maka itu dalam tulisan ini saya akan mencoba berbagi tips untuk menjaga senyum kita indah, Karena senyum itu ibadah(*nah klo kita sakit gigi boro-boro mau senyum, betul ga?? Hehe). Sedikit oleh-oleh setelah melewati stase Gigi dan Mulut di RSAM(terima kasih kepada seluruh dokter dan perawat di Poli RSAM).  

Tips menjaga kebersihan mulut dan gigi: 

1. Alat --> maksudnya untuk menjaga kebersihan mulut kita bisa menggunakan alat-alat seperti: sikat gigi, pembersih lidah, benang gigi(ini yang dianjurkan dokter gigi, karena tusuk gigi yang terbentuk dari kayu dapat menyebabkan kerusakan pada ginggiva(gusi) dan bisa berakibat sumber infeksi.Untuk sikat gigi juga tidak sembarang sikat gigi kita gunakan, karena sikat gigi yang baik adalah yang memiliki bulu sikat halus, dan gagang yang lurus (malah yang bengkok kayak di iklan2 itu kurang bagus loh…) 
           
2. Teknik-->nah ini teknik yang susah, gimana ya?? Ya pokoknya untuk daerah yang gigi depan dan dalam kita pake gaya vertical mengikuti arah gusi, jangan menggosok horizontal karena itu bisa menyebabkan gusinya turun. Nah klo untuk bagian permukaan giginya kita pake gaya horizontal. 
3. Waktu-->ini dy factor yang menurut saya paling bisa di intervensi tapi butuh disiplin yang kuat, Tanya kenapa?? Karena dengan kita mengcut factor waktu sibakteri jahat tidak akan sempat untuk memfermentasi sisa2 makanan kita dan tidak bisa menghasilkan asam laktat yang bisa menyebabkan gigi itu keropos.  Kapan sih waktu yang paling baik untuk menggosok gigi?? Jadi waktu yang paling baik untuk menggosok gigi adalah segera setelah makan, bukan saat mandi, sekali lagi saya tekankan segera setelah makan.       
Nah selamat mencoba, semoga bermanfaat dan kita bisa memberikan senyuman terindah untuk orang2 yang kita sayangi. ^___^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar