Selasa, 22 Maret 2011

Berbunga-bunga jadi KOASS di RS ^^

Mau nulis ah, setelah kemaren sempet kumpul lagi bareng temen2 ke kondangan kakak tingkat sekaligus teman satu atap or sepenanggungan (*halahh..maaf rada belebay gitu,,, maksudnya )satu stase besar dulu di RSAM, efeknya kebawa sampe hari ini tiba-tiba pengen nulis aje, padahal masih ada satu case blum selese hehe *refreshing dulu lah… maaf klo sekedar curhat biasa atau hanya coret2an buat dikonsumsi sendiri, tp insyaALLAH ni niatkan karenaNYA dan dapet memberi sedikit inspirasi atau minimal senyuman buat yang membacanya.

Setiap pagi sebelum bel sekolah bunyi, berbeda dengan kami langsung dengan agak berat hati mengambil sneli putih dan “senjata perang” (*stetoskop, thermometer, spighmometer, dan berbagai jenis meteran lainnya) trus masuk ke bangsal-bangsal yang memiliki aroma khas -->hayoo masih pada inget kan aromanya kayak gimana tuh dibangsal?? Apalagi klo udah masuk ke bangsal bedah, neuro, dan ipd…wowowow itu pasti aromanya langsung tersensitisasi di hidung qt (*apakah kalian juga merasakan??ya ga??apa Cuma ni aja @_@??)

Masing-masing bangsal punya aroma khas tersendiri ,dan aromanya tidak sesuai dengan namanya…yuk inget2 lagi aromannya hahaha *pasti ga mau..siap2 tutup hidung…^^ (bahas bangsal yang “berbunga-bunga” ya..)

Mau tanya dulu apa sama nama2 setiap bangsal di rumah sakit??? Hehehe.. bahkan ada yang bilang nomer operator di setiap bangsal rumah sakit pun sama di seluruh indonesia,,katanya udah dibakukan..mmmm bener ga ya??

Dari pertama masuk ke bangsal, ternyata Mawar (bangsal bedah wanita) lah yang menjadi tempat pertama dan banyak banget kenangannya kayaknya hehe ..hayooo siapa yang masih inget aroma “MAWAR” sayangnya  tidak sewangi mawar merah,, apalagi klo udah ke bangsal yang paling belakang , pasti langsung kenal wangi apa itu..hehehe… ada temen ni setelah stase ini bilang ada rasa nasi goreng ulkus lho....mmmm yeachhh… tapi ternyata bener apa kata konsulen sekali kalian merasakan aromanya sampe kapanpun ga bakal lupa, jadi yuk kenali aromanya..mmmm. Dulu rajin banget follow up jam 5.30 WIB pagi tuh stetoskop udah nempel aje di dada pasien, padahal pemeriksaan fisik kayaknya belum tau (*maklum koas baru dan masih system lama jadi blum dapet tuh CSL yang kayak sekarang) dan seperti sudah jadi hapalan langsung bertanya keluhannya apa?dan siap2 nulis di list merah Indonesia rayanya Koas Bedah… setelah follow up 40 pasien atau lebih langsung deh siap2 nunggu dokter ruangan visit… siap2 kena marah, atau hari ini kira2 kejutan apa lagi ya yang didapet…hehe ,Ada satu rutinitas sambil nunggu dokter visit, tetep namanya koas capek hati, capek badan, capek kepala, dan konsul abdomen itu udah merupakan suatu kewajiban, biar jadi koass yang kuat dan tuh abdomen ga krucuk2  klo pas lagi maju case ma konsulen, jadi uduk Bu Daud pun siap meramaikan RUKO MAWAR yang memiliki “aroma” khasnya…Selamat sarapan…heheh

Tetangganya MAWAR ada Kemuning , GELATIK, dan KUTILANG… hayoo siapa yang inget wanginya KEMUNING(bedah anak)? (klo disini khasnya mendengar tangisan anak2 dengan perban dimana2, n banyak balon2 boneka yang diikat di tiang2 bed pasien , maklum pasiennya anak kecil, satu cerita di kemuning ada satu rombongan keluarga besar di dalam mobil yang tabrakan, dan orang disemua mobil itu meninggal, tetapi ALLAH masih memberikan kehidupan ke seorang anak berumur 8 tahun, ketika follow up, dy selalu bertanya dimana kedua orang tua dan kakak2 nya, dan disampingnya ada tetangganya yang selalu menjaga senyum anak itu, dy selalu menenangkan anak itu dan berbicara ke anak itu klo kedua orang tuanya dan kakak2nya di rumah sedang istirahat, dan entah bagaimana cara kita sebagai dokter untuk menjaga senyum si anak itu dan mengurangi rasa sakitnya, dan ga kebayang gimana klo dy sudah sampe rumah dan tau kabar sebenernya.. semoga senyumnya tetap terjaga.

Jalan-jalan berikutnya ke taman KAMBOJA (ruang mayat)… pasti ini di semua rumah sakit negri or swasta pun namanya sama, dan orang umum pun tau ruang apa ini??? Yup bener ini adalah ruang mayat. Di ruangan ini berbeda dengan bangsal yang lain, di tempat yang lain kita belajar tentang kehidupan dan manusia hidup, tapi berbeda dengan Kamboja, dari badan-badan yang terbujur kaku kami banyak belajar berbagai ilmu, dari ilmu forensic, kedokteran, anatomi, bedah, tetapi di sini ada satu pelajaran berharga yaitu ilmu tentang KEMATIAN yaitu suatu KEPASTIAN, dan ketika itu yang terpikir adalah bagaimanakah cara kita meninggal nanti?? Semoga khusnul khotimah..AMIN. Ya walaw aneh doa anak forensic semoga hari ini ada kasus otopsi (*maklum ada targetan harus otopsi dalam satu stase)… tp semua kita niatkan untuk membantu pasien itu dan efek sampingnya kita dapet ilmu forensic dan tentunya masuk Koran or TV*heheh koas narsis..maklum biasanya klo udah kasus forensic pasti banyak wartawan…(ga papalah sedikit nampang walaw ga keren banget foto waktu visum..hehe)

Yuk lanjut ke bunga selanjutnya… apa coba?? Mmm bunga BOUGENVILE (bangsal syaraf) atau biasanya disebut bunga kertas, ini adalah ruang syaraf dimana semua penyakit syaraf ada disini, dr yang sadar, setengah sadar atau masih sadar banget, dari yang paraplegi, hemiplegi, paraparase, hemiparese, atau cuma contusio cerebri (*karena biasanya ruang bedah penuh jadi pasien yang CKR pun masuk sini).. Klo yang Ni tau kayaknya bunga bougenville itu ga ada wanginya dah wong bentuknya aje kayak kertas ya ga?? Tapi beda deh klo “bougenvile” yang satunya ini,,, aromanya ada sedikit gimanaaaaa gitu… hehe.. apalagi klo udah dapet pasien SH or SNH yang biasanya udah stridorr… mmm pasti kita tau dari aromanya..udah kayak tukang masak cium2 aroma tebak nama bumbu..disini juga umurnya beragam dari yang muda, usia produktif atau setengah tua, bahkan ada yang tua banget.. Ya lagi-lagi ketika ALLAH itu memberikan sebuah penyakit kehambanya pasti memang ada hikmahnya , tidak pada semua yang tua baru dikasih sakit, yang muda pun tidak bisa menghindar ketika ALLAH memberi ujian berupa rasa sakit. Tapi bagaimanakah kita menghadapi rasa sakit itu??dengan analgetik kah, dengan antibiotic kah, atau bahkan hanya paliatif dan tetep ada satu obat mujarab.. DOAmicyn… hehe… ALLAH menjanjikan tidak ada penyakit yang tidak ada obatnya…

*maaf klo bunganya kuning semua^^
To be continued.. bunga2 selanjutnya…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar