Sabtu, 27 Maret 2010

serpihan skripsi ni

PERBEDAAN KEPUASAN PASIEN PESERTA ASKES DENGAN PASIEN UMUM DI PELAKSANA PELAYANAN KESEHATAN TINGKAT I (PPK TK I) BALAI PENGOBATAN DOKTER KELUARGA UMMI HC KEDATON BANDAR LAMPUNG
Oleh
Nia Nuraeni
Terselenggaranya pelayanan kesehatan yang semakin bermutu dan merata adalah sasaran pembangunan kesehatan di Indonesia. Salah satu hasil atau outcome dari pelayanan kesehatan yang bermutu adalah kepuasan pasien. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien yaitu karakteristik produk dan fasilitas, harga, pelayanan, lokasi, image dan komunikasi.
Kepuasan pasien dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah faktor harga. Dalam faktor harga pasien dibedakan menjadi pasien askes dan pasien umum. Pasien askes wajib memberikan premi sebesar 2 % gaji pokok secara rutin setiap bulannya. Sedangkan pasien umum dikenakan beban biaya sebesar Rp.30.000,00 yang dibayar langsung setelah mendapatkan pelayanan kesehatan. Balai Pengobatan UMMI HC merupakan Pelaksana Pelayanan Tingkat I (PPK Tk I) yang bekerjasama dengan PT ASKES Bandar Lampung dan memiliki banyak peserta.
Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan kepuasan pasien peserta askes dengan pasien umum di Pelaksana Pelayanan Kesehatan Tingkat I (PPK Tk I) Balai Pengobatan UMMI HC Kedaton Bandar Lampung.
Penelitian dilakukan di Pelaksana Pelayanan Kesehatan Tingkat I Balai Pengobatan UMMI HC Kedaton Bandar Lampung periode minggu pertama bulan Mei 2009.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-komparatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Analisa dalam penelitian ini adalah mencari kemaknaan secara statistik dari perbedaan nilai mean. Untuk mencari kemaknaan perbedaan nilai mean digunakan uji hipotesis yaitu uji Mann-Whitney.
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa tidak ada perbedaan kepuasan pasien askes dan pasien umum di Pelaksana Pelayanan Kesehatan Tingkat I Balai Pengobatan UMMI HC Kedaton Bandar Lampung.

Kata Kunci : pasien askes, pasien umum, harga, kepuasan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar