Jumat, 23 November 2012

Diet Sehat Ala dr.Nia


Tiba-tiba kepengen nulis diet sehat, ini sebenarnya kurang ilmiah, tetapi karena saya sebagai dokter pertanyaan ini banyak sekali yang muncul, via fb, twitter, telephone, sms(sok popular)..hhehehe ..semoga bermanfaat buat teman-teman yang sedang berusaha menurunkan berat badan, atau menjaga tubuh agar tetap seimbang..^_^
1.       Banyak mengkonsumsi air putih.. (kalau bisa hindari minum syrup apalagi soft drink)
2.       Makan cukup 3 x sehari dengan porsi seimbang, karbohidrat, protein ,vitamin ,dan mineral) jangan nambah ya
3.       Perbanyak puasa sunnah..InsyaALLAH kalau niat kita karena ALLAH , ini bisa menahan pola makan yang berlebihan, karena dengan puasa kita juga bisa menjaga tubuh kita seimbang, keajaiban puasa : mengeluarkan racun-racun didalam tubuh kita, menahan hawa nafsu)
4.       Jangan mengemil makanan ringan, karena sebenarnya itu adalah setara dengan makanan berat jumlah kalorinya. Air putih dan buah-buahan bisa menjadi alternatif dikala teman-teman ingin mengemil
5.       Perbanyak aktifitas, apabila teman-teman yang sehari-hari aktifitasnya duduk, jangan khawatir karena disaat kita berkerja sambil duduk dapat membakar kalori, tetapi kalau Cuma duduk-duduk tanpa bekerja sudah  tambah buat gemuk.
6.       Hindari tidur setelah makan, minimal 2 jam setelah makan baru boleh tidur.
7.       Olahraga rutin minimal 45 menit-60 menit dalam setiap hari. Tidak usah olah raga berat, sesuaikan dengan hobi teman-teman, yang suka jalan, jalan pagi 45 ment, yang suka jalan ditempat jalan ditempat 45 menit, yang suka aerobic , aerobic 45 menit, yang suka maen karet, bisa skipping 45 menit, berenang 45 menit, lari santai 45 menit..yang penting 45 menit dan RUTIN ya teman-teman..
8.       Jangan menyediakan makanan ringan, atau mie instan didalam rumah..(karena mereka seperti hantu yang akan menghantui perasaan kalian)..
9.       Berdoa…
SEMOGA BERHASIL...
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar