Sabtu, 17 Maret 2012

Edisi PTT #part perkenalan

-->
Mencoba menuliskan pengabdian di negeri cendrawasih, ya walaw belum banyak yang bisa diketahui, coz baru 3 minggu dan masih ada 11 bulan 1 minggu lagi untuk belajar memahami budaya dan diterima oleh masyarakat yang subhanaALLAH jauh dari bayangan yang sebelumnya..
Bismillah..walaw banyak orang bertanya kenapa harus papua?kenapa ga pilih yang deket aja?kan papua konflik? Banyak penembakan?? Daerahnya kan minoritas?? Masih pedalaman juga?? Apalagi perempuan apa ga takut?? Orang betawi lagi?? (*hehehe orang betawi kan pantang banget merantau…) harus dipertanyakan kayaknya gen betawinya
Hari itu tanggal 29 Februari 2012…Cuma ada 4 tahu sekali,, hehe ya ni menginjakan kaki di tanah papua..tepatnya Timika..(*kata orang2 ini KOTA..tapi koq sepi dibanding serpong yang punya BSD city..hehe) turun di bandara mmm kesan pertama sepi dan cerah banget mataharinya… dan kebetulan saat itu yang pakai jilbab Cuma sendiri ..hehe jadi gampang buat yang ngejemput mengenaliku…
Menyusuri kota timika, menuju desa karang senang SP3 tempatnya (SP 3 itu kayak nama RW mungkin ya..hehe apa lingkungan gitu,,masih belum paham… dan ternyata tidak sesepi yang dibayangkan..hehe masih ada atm, swalayan, dan KFC hehehe..itu termasuk indicator mengatakan itu adalah kota).
Setelah istirahat 6 jam perjalanan Tangerang- Timika.. akhir memberanikan diri untuk segera menjadi warga Timika, dan menyambut pasien2.. dan owh..owh..ternyata pasiennya hamper 60 % persen pendatang ..ga jauh beda dengan lampung dah.. mayoritas pendatang ternyata orang jawa, sunda, bahkan suatu saat tanya2 dengan salah satu pasien ternyata mereka sekeluarga dari METRO..heheh tiba2 terkenang koas di metro. Dan ada juga dari bogor,,jadi kangen pasien2 ni dibogor… pa kabar mereka ya??semoga mereka sehat2 aja,,maaf ya pasien2 ni di bogor belum sempet pamitan. Tapi disini bedanya masyarakat aslinya beda dengan dilampung…hehe ya iyalah..di lampung mah orang lampung, disini mah orang papua, kami bilangnya masyarakat asli yang terdiri dari 7 suku (klo ga salah àmasih berusaha menghapal suku2 dan karakter2nya)
Alhamdulillah dapet partner dokter akhwat juga daerah sumatera..aman lah..bisa cerita2 dan menemani klo lagi home sick (sampe buat peraturan klo dikamar or diklinik dilarang kangen dan pengen pulang ke rumah).. Kemudian hari2 selanjutnya memulai rutintas sebagai dokter , yaitu senyum, melayani, dan berusaha membantu membuat  mereka tersenyum… bahasanya ya insyaALLAH masih bisa dimengerti dan mulai belajar logat timur.. dan ternyata daerah timur itu bahasa indonesianya masih baku sekali,jadi klo nanya pasien pun harus pake bahasa baku, ex” tidak”..bukan “nggak”,, dan mereka juga klo ditanya pilek ??ada beberapa yang masih belum mengerti,,hehehe. Klo ada pasien masyarakat asli, kami sangat2 butuh penerjemah..hehehe maklum blum banyak mengerti. Sejauh ini seneng melihat mereka, mereka ramah, senyum, malah ada kejadian ni menahan ketawa karena ga mengerti apa yang mereka ucapkan, tapi mereka malah ketawa ngakak,, akhirnya kami sama2 ketawa,, (*Alhamdulillah mereka ga tersinggung). Klo untuk penyakit di sini sakit malaria udah kaya batuk pilek, bahkan pasien itu tau sendiri mereka terkena tersiana atau tropika sebelum di cek darahnya..hehehe..
Bersyukur atas kesempatan dan bisa berbagi dengan mereka.. ^^ (segini dulu ceritanya,,nanti disambung lagi ye..maaf ga bisa bagus2 nulisnya..tapi setidaknya biar orang2 di rumah tenang mendengar ni baik2 aj,oh ya Alhamdulillah klinik deket tiang s*mp*ti..jadi sinyal lancer euy)..dan baru kemaren searching di om google..liat peta papua,dan baru sadar timika itu dimana..hehe padahal udah ditimika. Tapi untuk keamanan, sampai saat ini masih belum berani ditinggal diklinik sendiri atau keluar sendiri..)

1 komentar:

  1. waaaah...... sebetulnya saya sudah 15 tahun tinggal di kota itu..... tapi skrng masih kuliah dokter di luar papua.... bagaimana PTT di sana ? enak ?? di tunggu cerita selanjutnya yah !!!

    BalasHapus