Senin, 06 September 2010

Catatan Harian Dokter Muda *Part 1

Sedikit menceritakan manis nya koass (* bisa jadi gambaran buat temen2 yang mau masuk stase or buat mengenang kejadian manis yang pahit untuk diulang.)
Bismillah...

 my new family (kelompok stase selama jadi DM di RSAM)



Senang, itu yang muncul saat tau mulai masuk coass September 27 , 2009. Tapi rasa senangnya Cuma bertahan sepanjang jalan ke rumah sakit ..Jreng..jreng pas mulai masuk ke gerbang RSAM sambil tengok kanan dan kiri takut ada ambulance kencang melaju.Kemudian mulai berani berjalan tegak kedepan menggunakan jas dokter muda(*harus panjang selutut.. jangan nyaingi konsulen) tapi tak dipungkiri rasa takut mendalam sebelum memasuki ruang stase pertama. BEDAH adalah stase pertama yang dijalani 1 minggu setelah liburan.
 6 anak 05 yang nekad masuk stase pertama

Satu pesan buat dokter muda ATTITUDE itu point penting di stase ini, dan mulai membuka2 buku2 kuliah dan berburu buku sesat. Mulai mencari tentang fraktur, Ca Mammae, Ca thyroid, ganglion, ateroma, peritonitis, BPH (kasus ujian ni..alhamdulillah lulus walau belum belajar), Ca Prostat, CKR, CKB, CKS, EDH, SDH, tumor2 tulang, dan masih banyak lagi nti yang dibahas perstase di tulisan lainnya.

Hufff Alhamdulillah lega…serasa sudah melawati beberapa stase..padahal baru lewat bedah doing (*tapi ini stase neraka di RSAM). Dan stase berikutnya adalah FORENSIK berharap ada kasus pembunuhan dan dapat otopsi(* ini perasaan DM saat di stase forensic). Bingung mau ngapain, itu yang ada dipikiran kepala DM forensic,,tapi tak usah pikir panjang DM itu kreatif2 untuk memanfaatkan waktu mulai dari main TTS(sampe hapal soal mendatar dan menurun saking seringnya isi TTS), nonton DVD, main game, dan tentunya tidur sambil nunggu ada VL(Visum Luar). 
 *lagi nunggu otopsi yang ga jadi-jadi..

Trus mulai lagi dengan jagajagaga… Stase neuro: stase angka mortalitas tertinggi. Siap menghitung berapa kali dlm satu hari informed consent kepada keluarga..dan lebih belajar lagi tentang perjalanan nervus2 yang diciptakanNYA.. dan belajar cara pemeriksaan saraf (N I-XII) ini stase yang paling lama dalam pemeriksaan fisik. 
 *kegiatan rutinitas di ruko neuro yang sempit..pit..piiiit

Stase santai tapi menyeramkan(banyak cerita mistis) ..itu sedikit pesan dari senior2 kami mengenai stase ini.. tapi klo dari saya pribadi ini stase terjauh yang harus ditempuh dengan naek bus setiap hari. Tapi capeknya naiknya bis terbayar ketika indahnya melihat gunung dank abut di atas rumah sakit jiwa prov Lampung. Mulai belajar untuk menimbulkan waham, belajar tentang 3 obat (CPZ, HALLOPERIDOL dan THP) karena cuma 3 obat itu yang paling sering ditulis di resep poli maupun bangsal.. Jadi pengen SP.KJ kayaknya seru bisa belajar tentang kejiwaan setiap manusia..semangat..^^v. Oh ya satu lagi..ternyata setelah 3 minggu di RSJ ga terbukti gosip2 mistisnya.
 * model dokter muda RSJ

VK,OK, Poli Bangsal.. itu puteran stase obgyn.. dan waw amazing sekaligus bingung mau ngapain pas tau puteran minggu pertama adalah jaga VK… mulai angkut2 isi lemari kamar ke kamar koas..bawa koper dan mulai belajar meninggalkan hobi tidur. Mulai belajar tentang menjadi seorang dokter muslimah, menjadi seorang calon ibu, calon seorang istri, dan jadi anak yang sholehah.. dan semakin yakin surga itu di bawah telapak kaki ibu..(harus belajar APN, nolong partus , kuratase, pemeriksaan dalam, pemeriksaan luar, SC, jaga RR, dan mulai bermandikan darah dan air ketuban). Semoga bisa di aplikasikan setelah jadi dokter..dan cita2 menjadi muslimah tadi tercapai.amin ya RABB.
 *nunggu pasien inpartu--> foto dulu ahhh

Santai aje..itu kesan tentang stase kulit. Setiap hari kegiatannya Cuma di POLI dan baru kali ini koas di usir pulang jam 13.00 wkwkwkw.. Kasus2 di stase kulit yang bakalan sering kita temui di puskesmas.. (Setiap hari harus belajar untuk scenario BST, case, dan CSS(*serasa di luar negri: harus pake bahasa Inggris)). Kita harus belajar ND, Tinea, DS, DK, DKA, DA, SJS, macam macam istilah untuk kulit dan banyak lagi..tapi seneng lah di stase ini..nyatai dah pokoknya.
 Pasukan POWER RANGERS di poli kulit

Berlari kesana- kemari mengelilingi OK dari jam 8 ampe jam 4 itu pun klo ga ada op Onko (krn ini yang biasanya OP nya lama) . Dan berharap nti mlm ga ada telepon dari orang OK klo ada CITO. Stase ini seru.. karena di bener2 belajar untuk menghargai nyawa seseorang. Dan setiap hari mainannya ma monitor. Harus siap, sigat, dan cepat itu tips untuk bisa melawati stase ini.. karena emergency jadi semua harus cepat (berpikir pun harus cepat dan tepat) … Jadi kepengen buat jadi SP. An. Aminn
 * mengobati lelah setelah keliling OK --> hufhh

Hitam putih… sinar X ..dan efek sinar X itu yang takut..hehe..
Bosen sih setiap hari hitam putih , padahal suka warna kuning (*hehhe maksa). Ya minimal kita bisa bacain yang normal dan bisa bedain yang ga normal yang mana. (Jangan nyontek.itu pesan untuk stase ini.. ya walaupun harusny ini udah berlaku dr kita SD.)
 *fotonya ikutan ga jelas kayak hasil foto rongten

Stase mayor berikutnya adalah stase anak. Katanya dulu ini stase mayor paling nyatai.. tapi ternyata peraturan berubah..tapi Alhamdulillah gara2 laporan jaga tiap hari ,mau ga mau kita harus belajar. Disini kita jadi tau yang mana kompetensi kita sebagai dokter umum, dan apa yang bisa lakukan sebagai dokter umum. Ada 10 penyakit yang harus kita pelajari : ISK, TB, SN, GNA, BP, Asma, Infeksi, PCM, Thypoid, DBD) dan ternyata duing..duing.. pas ujian dapat kasus malaria(dan tenyata lampung itu daerah terkenal endemis malaria)
 *foto2 lagi di depan bangsal anak
To be continued.. 
(* kayaknya kegiatan koas cuma foto2 ya???hehhe)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar